ETMC ITB 2023 : Ekonomi Sirkular Lahirkan Energi Terbarukan dan Mencegah Kerusakan Bumi

 

Konferensi Internasional Teknologi dan Manajemen Lingkungan (ETMC) ITB sudah dilaksanakan selama 7 kali per tahun 2023, acara ini menyoroti masalah lingkungan yang mengancam planet dan kesejahteraan manusia, meliputi perubahan iklim, polusi, hilangnya habitat, dan penipisan sumber daya.

PPLI sebagai salah satu narasumber kegiatan ETMC 2023 mengungkapkan konsep ekonomi sirkular dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan bahaya yang timbul akibat pencemaran lingkungan oleh limbah berbahaya yang dihasilkan oleh dunia industri. Sejumlah teknologi yang dikembangkan PPLI diantaranya insinerator yang ramah lingkungan serta fasilitas pengolahan limbah PCBs.

Elpido, Direktur PPLI yang turut hadir dan menjadi narasumber dalam sesi paralel bertema Implementation of Vacuum Distillation System at PPLI: A Case Study on High-Concentrated Waste Treatment and Water Recycling menyampaikan PPLI telah lama gunakan teknologi sistem distilasi vakum  untuk mengolah limbah yang memilki kandungan ion terlarut tinggi, biasanya ditemukan di berbagai industri misalnya migas. Elpido menyampaikan bahwa PPLI mendukung konsep sirkular ekonomi dimana PPLI mengurangi pemakaian bahan-bahan alam, seperti pengolahan air limbah dan penggunaan kembali, selaras dengan semangat energi terbarukan dimana pengurangan pengambilan sumber daya alam air tanah yang telah digantikan dengan air limbah yang telah diproses.

Kegiatan konferensi ini diikuti ratusan pelaku industri, akademisi dan stakeholder pemerintahan dari berbagai negara, seperti Jepang, Australia, Belanda, Jerman, Taiwan, Malaysia dan Indonesia. Atp.