Jaga Hutan Karbon, PPLI Tanam 500 Bibit Pohon Di Cagar Alam Rawa Danau


Dalam upaya mendukung pelestarian hutan Indonesia, PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) terus melakukan upaya penanaman bibit pohon. Untuk itu PPLI menggandeng DLHK Provinsi Banten, NGO ICare, dan Aliansi Jurnalis Peduli Lingkungan (AJPLI) malakukan kegiatan penanaman 500 bibit pohon dalam program penyelamatan hutan karbon di Serang, Banten.

Ruli Riatno Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Pengendalian Pencemaran DLHK Provinsi Banten mengatakan, adanya perubahan iklim sangat berkontribusi terhadap ekosistim serta kualitas udara yang tentunya berdampak terhadap masyarakat. Ruli menyampaikan, Kota Serang banyak didirikan industri skala menengah hingga besar, jika dalam pengelolaan alam dan lingkungan tidak bersinergi akan berdampak terhadap kualitas pencemaran. Ruli mengapresiasi kegiatan menanam 500 Pohon di kawasan Rawa Danau yang diprakarsai PT PPLI bersama AJPLI.

Tengku Faisal, Regional Sales Manager PT PPLI yang hadir dalam sambutannya menyatakan komitmen PPLI untuk terus menjadi bagian dalam menjaga lingkungan. Faisal mengungkapkan jenis bibit tanaman yang ditanam ada 3, yang merupakan jenis asli kawasan CA Rawa Danau yaitu Gempol, Sasalaman, dan Tangtalang. Sebelumnya beberapa waktu lalu, PPLI juga menanam Mangrove di Balikpapan Kalimantan Timur. Rawa Danau ini merupakan Rawa Purba yang keberadaannya sangat bermanfaat bagi kehidupan sehingga jangan sampai dilupakan dan ditinggalkan.

Selain sebagai penyumbang oksigen, hutan karbon juga memilki manfaat membantu memerangi perubahan iklim dan mengurangi jumlah karbondioksida di atmosfer. Atp.